MMD

Pada hari Rabu 31 Juli 2024 telah dilaksanakan kegiatan MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) di Aula Balai Desa Sirkandi. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh PUSKESMAS Purwareja Klampok 2 bersama Pemdes Sirkandi yang diikuti oleh para Kader Kesehatan.

Dalam kegiatan tersebut membahas masalah-masalah kesehatan yang muncul di wilayah Desa Sirkandi dengan cara memetakan secara berkelompok masing-masing Dusun. Ada beberapa masalah yang muncul yaitu : 

  1. Kesehatan Ibu Hamil (dimana masih ada beberapa kasus ibu hamil yang mengalami resti atau resiko tinggi, hal tersebut diakibatkan usia ibu hamil yang sudah tua maupun yang masih terlalu muda. Tindakan jangka pendek melaui Kader Kesehatan mendata dan memantau ibu hamil serta sosialisasi akan pentingnya usia pernikahan dan usia batas kehamilan dan juga diadakan kelas ibu hamil)
  2. Stunting (masih terdapat data anak di Desa Sirkandi yang termasuk dalam kategori stunting. tindakan nya yaitu selain memberikan PMT atau Pemberian Makanan Tambahan yang sudah dilakukan Pemdes Sirkandi 3 Tahun terakhir juga sosialisasi tentang tumbuh kembang anak)
  3. Pernikahan Dini (masih adanya pernikahan dibawah umur. hal ini salah satu pemicu anak stunting, tindakan jangka pendek yaitu sosialisasi dan juga diadakannya posyandu remaja.
  4. Kelahiran Bayi di Rumah (hal ini masih terjadi meskipun angkanya menurun yang diakibatkan pemahaman ibu hamil yang kurang dan jarak tempuh ke pelayanan kesehatan yang cukup jauh seperti di Dusun Salaraga)
  5. Perilaku BAB yang masih sembarangan (bukan karena tidak memiliki jamban akan tetapi perilaku atau kebiasaan sebagian masyarakat yang terbiasa BAB disungai atau disaluran air)
  6. Insentif Kader Kesehatan (perlu diperhatikan lagi dan ditingkatkan lagi sebagai penghargaan dan motivasi serta semngat dalam melaksanakan tugas-tugasnya)